Selasa, 11 September 2012

peizinan file/directory pada unix/linux

Hak Akses Pada Linux - Ijin Akses File Dan Direktori 

Hak akses pada linux menjamin tidak semua orang dapat mengakses system jika tidak diberi wewenang . Sekuritas tingkat awal diimplementasikan dengan penggunaan password oleh setiap pemakai yang akan masuk ke system unix / linux . Selain password, untuk sekuritas tingkat kedua pada system unix / linux menerapkan pada file dan direktori. Hal ini dimaksudkan agar seseorang yang dapat menggunakan system tidak dapat masuk dan memodifikasi file dan direktori kerja user lain. Jenis pemakai atau user dapat dikelompokkan ke dalam 3 jenis yaitu : 

1. Owner / User  
Owner adalah istilah untuk user yang membuat file dan direktori.

2. Group
Group adalah kelompok sejumlah user. Pengelompkkan user ini dikelompokkan berdasarkan keamanan akses aplikasi, berdasarkan departemen dll. 


3. Other
Other adalah semua user di luar group dan pemilik ( user ).
Untuk dapat mengetahui hak akses pada linux pada suatu file ketikkan perintah ls -l : Contohnya :
$ ls -l coba


                 Hak akses terhadap suatu file / direktori ditentukan oleh tanda r , w , x untuk setiap kelompok pemilik / user , group , dan other. Misalnya pada direktori di atas, hak akses pemilik direktori ini adalah rw , berarti pemilik file ini memiliki akses r ( read )  yaitu boleh melihat dan membaca isi file ini , w ( write ) yaitu boleh memodifikasi isi file ini. Hak akses orang-orang yang berada satu group  dengan root ( Group ) adalah r ( read ) yaitu boleh melihat dan membaca isi file ini. Demikian juga dengan Other haknya adalah r ( read ) boleh melihat dan membaca file ini. Jika jenisnya yang dimaksud adalah direktori , maka hak x ( execute ) berarti seseorang dapat masuk ke direktori itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar